Teknik Bokeh

Rahasia dibalik foto yang tajam Leave a comment

Mendapatkan foto yang tajam merupakan hal yang sangat penting bagi semua fotografer. Bagi Fotografer Komersial hal tersebut dapat memberi nilai tambah pada hasil fotonya yang nantinya akan diberikan kepada klien-kliennya. Para professional diluar sana menyebutnya “Tack Sharp” yang menggambarkan tingkat ketajaman tertinggi, temperatur warna yang pas, serta tidak ada bagian yang kabur.

Gunakan Tripod

pixelsjar.com

Walaupun terdengar merepotkan, gunakanlah tripod jika situasi memungkinkan. Kelebihan dari tripod adalah membuat kamera lebih stabil dibanding menggunakan tangan. Tripod juga sangat membantu jika anda memotret pada kondisi cahaya gelap, karena pada kondisi tersebut otomatis rana yang digunakan lebih lambat.

Manfaatkan Fasilitas Mirror Lockup

slrlounge.com

Pada kamera DSLR fasilitas ini berfungsi untuk mengunci pergerakan cermin kamera keatas, jadi saat anda menjepret, cermin tidak akan bergerak sebelum exposure yang tepat diperoleh. Hasilnya foto anda terlihat lebih tajam. Pada kamera Nikon fasilitas ini bernama exposure delay mode.

Kepala Tripod

bhphotovideo.com

Tidak kalah penting, kepala tripod juga berkontribusi pada hasil akhir foto. Untuk fotografi direkomendasikan menggunakan kepala tripod berjenis “Ball Head”. Kelebihannya yaitu mudah memposisikan kamera secara akurat serta mengunci body kamera lebih mantap sehingga tidak mudah tejatuh.

Gunakan Self Timer

Anda lupa membawa cable release? Tenang, masih ada self timer. Fungsinya hampir sama seperti cable release, bedanya anda harus menentukan waktu timernya. Cobalah set self timer pada kisaran 5 detik, cukup untuk menstabilkan kamera akibat tekanan jari di tombol pelepas rana.

Matikan Fitur Peredam Getaran (Image Stabilization)

kelasfotografi.com

Fitur ini berguna jika anda memotret menggunakan tangan kosong. Tetapi pada saat menggunakan tripod, Image Stabilization (IS) harus dimatikan jika anda menginginkan foto yang tajam. Secara non teknis fitur ini mencari getaran, jika tidak ada getaran fitur tersebut akan terus mencarinya. Dan hal ini akan menyebabkan terjadinya getaran-getaran kecil yang membuat foto anda kurang tajam.

Gunakan ISO Yang Paling Rendah

kelasfotografi.wordpress.com

Jika anda memotret dengan tripod dalam kondisi rendah cahaya (low light), jangan naikkan ISO, kecuali anda menggunakan tangan dan dilarang menggunakan tripod. Meningkatkan ISO membuat foto anda terlihat noise atau berbintik. Gunakanlah ISO rendah (200 atau 100) agar foto tetap tajam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *