Kamera DSLR vs Mirrorless Leave a comment

Sekedar penjelasan singkat, kamera DSLR adalah kamera digital yang didesain masih seperti kamera-kamera lama. Di bagian dalamnya, terdapat kaca yang memantulkan cahaya ke viewfinder sehingga bisa mem-preview jepretan yang akan dibuat. Sedangkan kamera mirrorless menghilangkan kaca di bagian dalam sehingga langsung ke sensor gambar di mana kamu bisa langsung melihat hasilnya di layar.

Ukuran & Berat

Karena berisikan cermin di bagian dalamnya, kamera DLSR membutuhkan ruang yang lebih untuk dapat memuatnya. Secara otomatis pula, hal itu akan memberatkan kamera. Berbeda dengan kamera mirrorless yang lebih sederhana sehingga lebih ringan dan kecil.

Ukurannya yang kecil adalah daya jual utama kamera mirrorless, tapi bukan berarti pada prakteknya mirrorless akan selalu lebih kecil dari DSLR. Ketika ngefoto (dan ngevideo), kita juga menggunakan lensa, nggak hanya body kamera saja. Karena itu, terkadang ketika mirrorless Anda dikombinasikan dengan lensa yang guedhe, ya sama aja jadinya besar juga.

Penampakan gambar

photoblog

Pada kamera mirrorless, hasil gambar yang kamu lihat di layar adalah hasil yang akan kamu dapatkan nantinya. Tetapi umumnya jika mengambil gambar di tempat gelap, hasil gambarnya akan memiliki banyak titik.

Berbeda dengan kamera DSLR yang harus dilihat terlebih dahulu melalui viewfinder. Dengan kecepatan autofocus yang lebih baik seperti penjelasan di atas, maka sudah pasti gambarnya akan lebih detil dan tak banyak titik.

Kecepatan autofocus

plazakamera

Untuk autofocus dan hasil jepretan di tempat gelap, kamera DSLR lebih baik ketimbang kamera mirrorless dikarenakan desain kamera DSLR yang lebih fokus dalam hal memotret. Sebenarnya untuk autofocus kamera mirrorless pun sudah dikembangkan menjadi lebih baik, tetapi itu berlaku untuk kamera-kamera yang canggih.

Kecepatan menjepret

Image credit: Fujifilm/Digital Camera World

Kedua kamera sama-sama bagus dalam kecepatan menjepret, tetapi dikarenakan desain yang lebih simpel, kamera mirrorless sedikit lebih unggul ketimbang kamera DSLR. Tidak adanya kaca di dalam kamera membuat kamu bisa langsung mendapatkan dan melihat gambar. Itu pun dengan tingkat shutter speed yang tinggi pula.

Kualitas video

plazakamera

Karena memiliki kaca di dalamnya, kamera DLSR tidak bisa dengan cepat merekam video. Hasilnya video yang dihasilkan tidak seakurat kamera mirrorless karena kamera mirrorless langsung mengirimkan video ke sensor gambar.

Memang untuk beberapa kamera DSLR, ada yang cukup bagus untuk melakukan video. Namun kamera mirrorless dengan harga yang lebih terjangkau bahkan bisa menghasilkan video high definition bahkan hingga kualitas 4K. 

Kesimpulan

 

pinterest

Kamera mirrorless lebih baik dipilih jika kebutuhanmu lebih mengarah kepada video ketimbang memotret. Hasil video yang high definition, akurat serta cepat, namun sebagai penggantinya adalah lemah di kemampuan dan opsi lensa.

Berkebalikan dengan mirrorless, kamera DSLR mampu memotret gambar yang lebih detil, baik di tempat terang maupun kekurangan cahaya. Hanya saja, untuk menggunakannya sebagai alat perekam video harus dipertimbangkan kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *